Pelatih Timnas Indonesia Jacksen F Tiago Analisis Kekuatan China

Facebook
twitter facebook

Pelatih tim nasional (timnas) Indonesia, Jacksen F Tiago, mengaku masih sibuk menganalisis kekuatan timnas China. Jacksen yang sempat ke China, mengaku membawa banyak informasi soal kekuatan Team Dragon, julukan timnas China.

Misi besar sedang diincar Jacksen bersama anak-anak asuhnya di tim Garuda. Untuk menghidupkan kembali peluang timnas Indonesia di Pra Piala Asia (PPA) 2015 Grup C,  Boaz Solossa dkk diwajibkan meraih hasil sempurna saat menjamu timnas China di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, 15 Oktober mendatang.

Untuk menyempurnakan misi tersebut, berbagai persiapan terus dilakukan tim Garuda. Setelah menjalani laga-laga uji coba internasional kontra timnas Belanda, 7 Juni lalu, dimana timnas Indonesia dihajar tiga gol tanpa balas. Dipermak Arsenal, tujuh gol tanpa balas, (14/7), dan kembali ditundukan klub Liga Primer Inggris, Liverpool, 0-2, (20/7).




Adapun kemenangan pertama timnas Indonesia di bawah kendali Jacksen, saat menundukan timnas Filipina di Stadion Manahan, Solo, 14 Agustus lalu. Dimana saat itu, gol Greg Nwokolo dan M. Roby, membuat timnas Indonesia berhasil mengakhiri partai persahabatan tersebut dengan kemenangan dua gol tanpa balas.

Jacksen pun tidak puas, hanya dengan membangun tim dari berbagai laga uji coba. Dirinya pun berinisiatif langsung memantau kekuatan timnas China. Di negara yang dikenal dengan Tembok China-nya tersebut, pelatih berpaspor Brasil tersebut sempat menyaksikan salah satu klub asal China. Dimana di klub tersebut menurut Jacksen, banyak di isi pemain-pemain Team Dragon.

“Saya sempat menyaksikan pertandingan Guangzhou Evergrand di Liga Champions Asia. Kenapa klub itu yang saya saksikan pertandingannya, karena mayoritas pemain timnas China, bermain di klub tersebut,” ungkap Jacksen.

“Selama di China, hasilnya sangat bagus. Karena semua informasi soal timnas China sudah saya terima dengan baik. Semoga saja, akan sangat membantu dalam mempersiapkan pertandingan penting nantinya,” sambung pelatih yang mengantar Persipura Jayapura sebagai jawara kompetisi Indonesia Super League (ISL) 2012/2013 tersebut.

Jacksen pun menyatakan, seperti apa kekuatan negara yang mewakili Asia di Piala Dunia 2002 Korea Selatan dan Jepang tersebut sedang dipelajarinya. Dan hasil dari analisis yang sedang dilakukan Jacksen beserta tim kepelatihan timnas Indonesia, akan jadi referensi untuk meladeni timnas China.

“Kalau soal bagaimana kekuatan timnas China, kami sedang membuat sebuah analisis sedetail mungkin dan diteliti dengan baik. Maka dari itu, untuk saat ini saya belum bisa berkesimpulan apapun tentang kekuatan mereka sementara ini,” jelas Jacksen.

“Kami butuh beberapa hari sampai seminggu untuk benar-benar menganalisis bagaimana mengantisipasi permainan timnas China. Saat ini kami tim pelatih juga terus berdiskusi, membagi pandangan dari masing-masing pelatih soal apa yang saya bawa dari China,” sambung pelatih yang sempat menjadi pemain dan pelatih di Persebaya Surabaya tersebut.

[sumber: okezone.com]

Dunia Liga Indonesia Facebook Dunia Liga Indonesia Twitter

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>